Nama
Sekolah : SDN
Tema
/ Sub Tema : 1. Hidup Rukun / 1.
Hidup Rukun di Rumah
Kelas
/ Semester : II / 1
Muatan
Pembelajran : Bahasa Indonesia, Matematika,
dan SBdP
Pembelajaran
ke- :
1
Alokasi
Waktu : 1 hari (5 x 35
menit)
A.
KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR, NILAI KARAKTER,
DAN INDIKATOR
|
Mupel/
Kompetensi Dasar
|
Nilai Karakter
|
Indikator
|
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
|
Bahasa
Indonesia
|
1. Religius
2. Peduli
3. Santun
|
|
|
3.1
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita
atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
|
3.1.1
Menemukan ungkapan yang terdapat dalam teks cerita kehidupan sehari-hari di
rumah
|
|
|
3.1.2
Menentukan makna ungkapan yang terdapat dalam teks cerita kehidupan
sehari-hari di rumah
|
||
|
4.1
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu
anak-anak dengan bahasa yang santun
|
4.1.1
Membuat cerita yang berisi ungkapan tentang kehidupan
sehari-hari di rumah
|
|
|
4.1.2
Menceritakan cerita yang berisi
ungkapan tentang kehidupan sehari-hari di rumah
|
||
|
Matematika
|
|
|
|
3.1
Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai
tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya
|
3.1.1
Menentukan lambang bilangan cacah
sesuai kumpulan objek yang disusun berdasarkan nilai tempat
|
|
|
3.1.2
Menentukan nama bilangan cacah sesuai kumpulan objek yang disusun berdasarkan
nilai tempat
|
||
|
4.1
Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat
dengan menggunakan model konkret
|
4.1.1
Menyajikan susunan kumpulan objek berdasarkan nilai
tempat sesuai dengan nama bilangan cacah
|
|
|
SBdP
|
|
|
|
3.2
Mengenal pola irama sederhana melalui
lagu anak-anak
|
3.2.1
Membedakan panjang pendek bunyi
pada lagu anak-anak
|
|
|
4.2
Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
|
4.2.1
Menyanyikan lagu sesuai dengan panjang pendek bunyi pada lagu anak-anak
|
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Dengan mengamati teks cerita “Lina dan Lani Sayang Ayah dan Ibu”, siswa dapat menemukan minimal 2 ungkapan yang terdapat dalam teks cerita.
- Dengan mengamati teks cerita “Lina dan Lani Sayang Ayah dan Ibu”, siswa dapat menentukan makna dari minimal 2 ungkapan yang terdapat dalam teks cerita.
- Melalui pemahaman makna dari ungkapan yang terdapat dalam teks cerita “Lina dan Lani Sayang Ayah dan Ibu”, siswa dapat membuat cerita yang berisi minimal 2 ungkapan tentang kehidupan sehari-hari di rumah.
- Melalui pemahaman makna dari ungkapan yang terdapat dalam teks cerita “Lina dan Lani Sayang Ayah dan Ibu” dan pembuatan cerita menggunakan ungkapan, siswa dapat menceritakan cerita yang berisi ungkapan tentang kehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
- Melalui permainan tebak bilangan, siswa dapat menentukan minimal 3 lambang bilangan cacah sesuai kumpulan objek yang disusun berdasarkan nilai tempat.
- Melalui permainan tebak bilangan, siswa dapat menentukan minimal 3 nama bilangan cacah sesuai kumpulan objek yang disusun berdasarkan nilai tempat.
- Melalui permainan tebak bilangan, siswa dapat menyajikan susunan kumpulan objek berdasarkan nilai tempat sesuai dengan nama bilangan cacah dengan benar.
- Dengan mengamati video lagu “Peramah dan Sopan”, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak-anak dengan benar.
- Dengan mengamati video lagu “Peramah dan Sopan”, siswa dapat menyanyikan lagu sesuai dengan panjang pendek bunyi pada lagu anak-anak dengan tepat.
D.
MATERI PEMBELAJARAN
|
Utama
|
Pengayaan
|
Remidial
|
Ko-Kurikuler
|
|
1.
Ungkapan (ungkapan di dalam teks cerita)
2.
Bilangan cacah 100-999 (lambang bilangan dan nama bilangan cacah
sesuai nilai tempat)
3.
Panjang pendek bunyi pada lagu anak-anak “Peramah dan Sopan”
|
1.
Ungkapan (menulis ungkapan dengan huruf latin)
2.
Menggambar susunan benda sesuai dengan nilai tempat
3.
Menyanyikan lagu “Peramah dan Sopan” sambil menari
|
1.
Ungkapan (menulis ungkapan di kartu)
2.
Bilangan cacah 100-999 (lambang bilangan dan nama bilangan cacah
sesuai nilai tempat)
3.
Panjang pendek bunyi pada lagu anak-anak (menyanyikan lagu “Peramah
dan Sopan”)
|
1.
Membuat syair lagu anak yang berisi tentang ungkapan dan bilangan
cacah berdasarkan nada lagu “Peramah dan Sopan”
|
E.
PENDEKATAN, MODEL, DAN METODE PEMBELAJARAN
a. Pendekatan : Saintifik (Mengamati, Menanya, Mengumpulkan
Informasi,
Mengasosiasi, Mengomunikasikan)
b. Model : Problem
Based Learning (PBL)
c. Metode : Demonstrasi, Tanya Jawab, Kerja Kelompok, Permainan
F.
ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Alat
a. Benda
konkret; kotak-kotak kecil dari styrofoam)
b. LCD
Proyektor
c. Laptop
d. Kertas
Buffalo
2.
Media
a. Video lagu “Peramah dan Sopan”
b. Teks cerita “Lina dan Lani
Sayang Ayah dan Ibu”
c. Kartu susunan objek sesuai
nilai tempat
G.
SUMBER BELAJAR
Irene Maria Juli Astuti, dkk. 2017. Buku Guru SD/MI Kelas II Tematik Terpadu
Kurikulum 2013 Tema 1 Hidup Rukun.Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Irene Maria Juli Astuti, dkk. 2017. Buku Siswa SD/MI Kelas II Tematik Terpadu
Kurikulum 2013 Tema 1 Hidup Rukun.Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
AG Suryaputra. Peramah dan Sopan. https://www.youtube.com/watch?v=jLP9w6Ni7k4. Diakses 21 Maret 2018.
H.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Tahap
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
|
Kegiatan Awal
|
1.
Siswa menjawab salam.
2.
Guru mengkondisikan kelas.
3.
Salah satu siswa memimpin doa.
4.
Guru melakukan komunikasi tentang kehadiran
siswa dan memperkenalkan diri.
5.
Siswa menyanyikan lagu Indonesia Raya
dan Mars PPK.
6.
Siswa bertanya jawab tentang tema dan
subtema yang akan dipelajari.
7.
Siswa menyimak tujuan pembelajaran dan
manfaat materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
8.
Siswa melakukan kegiatan literasi dengan membaca
buku cerita.
9.
Siswa bertanya jawab tentang buku
cerita yang dibaca (apakah ada yang membaca cerita tentang kehidupan di
rumah).
10. Siswa menyimak
penjelasan guru bahwa kita harus saling rukun dengan anggota
keluarga.
|
15 menit
|
|
Kegiatan Inti
|
11. Siswa bersama guru
bertanya jawab tentang kerukunan di keluarga; bagaimana sikap yang
ditunjukkan kepada sesama anggota keluarga. (menanya)
12. Siswa bersama guru
bertanya jawab apakah pernah kedua orang tua kalian membawa oleh-oleh. (menanya)
13. Siswa
membentuk kelompok menjadi 4 kelompok.
14. Siswa mengamati teks
cerita tentang keluarga (di dalam teks cerita ada ungkapan) “Lina dan Lani Sayang Ayah dan Ibu”. (mengamati)
15.
Siswa berdiskusi mengerjakan LKPD 1 menemukan gabungan dua
kosakata yang belum dipahami (dua kosakata yang memiliki arti beda dengan
kosakata pembentuknya) serta menemukan maknanya. (mengasosiasi dan
mengumpulkan informasi)
16.
Siswa mengomunikasikan temuannya di depan
kelas. (mengomunikasikan)
17.
Siswa bersama guru membahas hasil diskusi. (mengasosiasi
dan mengumpulkan informasi)
18.
Siswa membuat cerita yang berhubungan
dengan ungkapan yang telah ditemukan. (mengasosiasi serta mengumpulkan dan mengolah informasi)
19.
Siswa menceritakan karyanya di depan kelas. (mengomunikasikan)
20.
Siswa mengamati cerita dari guru yang
berhubungan dengan cerita “Lina dan Lani Sayang Ayah dan Ibu”
(menekankan pada bilangan). (mengamati)
21.
Siswa berdiskusi menghitung
jumlah benda dengan mengelompokkan
benda berdasarkan nilai tempat. (mengasosiasi dan mengumpulkan informasi)
22.
Siswa menyusun kumpulan objek berdasarkan
nilai tempat menggunakan benda konkret;
kotak-kotak kecil dari styrofoam (mengasosiasi)
23.
Siswa menuliskan nama bilangan berdasarkan
susunan kumpulan objek berdasarkan nilai tempat. (mengasosiasi)
24.
Siswa mengomunikasikan hasil kerjanya. (mengomunikasikan)
25.
Siswa bersama guru bertanya jawab tentang
temuannya. (mengasosiasi dan mengumpulkan informasi)
26. Siswa bermain tebak
bilangan (permainan dengan menggunakan kartu susunan objek). (mengasosiasi dan mengumpulkan informasi)
27.
Siswa mengerjakan soal dari guru tentang
kumpulan objek yang disusun berdasarkan nilai tempat (LKPD 2 menuliskan
lambang bilangan dan nama bilangan). (mengasosiasi)
28.
Siswa mengamati video lagu “Peramah dan
Sopan”. (mengamati)
29.
Siswa bersama guru menyanyikan lagu “Peramah
dan Sopan”. (mengomunikasikan)
30.
Siswa mengamati teks lagu “Peramah dan
Sopan”. (mengamati)
31.
Siswa menandai suku kata dalam syair lagu
yang dinyanyikan dengan bunyi panjang dan pendek (LKPD 3 tentang bunyi
panjang pendek pada lagu; bunyi panjang ditandai dengan garis, bunyi pendek
ditandai dengan titik). (mengasosiasi)
32.
Siswa bersama guru bertanya jawab tentang panjang dan pendek bunyi
dalam lagu ‘Peramah dan Sopan”. (menanya)
33.
Siswa bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami. (menanya)
|
140 menit
|
|
Penutup
|
34. Siswa bersama guru
menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
35. Siswa mengerjakan soal evaluasi.
36. Siswa mengerjakan
tindak lanjut; pengayaan bagi siswa yang tuntas dan
remedial bagi yang tidak tuntas.
37. Siswa
diberi tugas ko-kurikuler; membuat syair lagu anak yang berisi tentang ungkapan
dan bilangan cacah berdasarkan nada lagu “Peramah dan Sopan” bersama orang
tua.
38. Siswa bersama guru
melakukan refleksi.
39. Siswa yang antusias
dalam proses pembelajaran, memperoleh penghargaan
berupa bintang.
40. Siswa menyanyikan
lagu
“Aku Anak Sopan” dengan nada lagu “Anak Gembala” (berisi nilai karakter
yang ditanamkan).
41. Siswa
menyanyikan lagu daerah.
42. Siswa bersama guru
menutup pelajaran dengan berdoa bersama.
|
20 menit
|
I.
PENILAIAN
|
Muatan
Pelajaran
|
Ranah
|
Teknik
|
Jenis
|
Bentuk
|
Instrumen
|
|
Bahasa
Indonesia
|
Pengetahuan
Keterampilan
|
Tes
Non Tes
|
Tertulis
Unjuk Kerja
|
Isian
Singkat
Rubrik
|
Lembar
Soal
Lembar
Pengamatan
|
|
Matematika
|
Pengetahuan
Keterampilan
|
Tes
Non Tes
|
Tertulis
Unjuk Kerja
|
Isian
Singkat
Rubrik
|
Lembar
Soal
Lembar
Pengamatan
|
|
SBdP
|
Pengetahuan
Keterampilan
|
Tes
Non Tes
|
Tertulis
Unjuk Kerja
|
Uraian
Rubrik
|
Lembar
Soal
Lembar
Pengamatan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar