Cari Blog Ini

Selasa, 04 Desember 2018

Silabus Hidup Rukun Di Rumah


Satuan Pendidikan      : SDN 
Kelas/ Semester           : 2/ 1 (Satu)
Tema/ SubTema          : 1. Hidup Rukun / 1. Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran               : 1 (B. Indonesia, Matematika, SBdP)
Alokasi Waktu            : 1 hari (5x35 menit)
Kompetensi Inti          :
  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Mupel/
Kompetensi Dasar
Nilai Karakter
Indikator
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber belajar
Teknik
Jenis
Bentuk
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
Bahasa Indonesia
1. Rukun
2. Kerja sama
3. Ramah
4. Sopan 


1.        Siswa bersama guru bertanya jawab tentang kerukunan di keluarga (bagaimana sikap yang ditunjukkan kepada sesama anggota keluarga). (menanya)
2.        Siswa bersama guru bertanya jawab apakah pernah kedua orang tua kalian membawa oleh oleh. (menanya)
3.        Siswa mengamati teks cerita tentang keluarga (di dalam teks cerita ada ungkapan). (mengamati)
4.        Siswa berdiskusi menemukan gabungan dua kosakata yang belum dipahami (dua kosakata yang memiliki arti beda dengan kosakata pembentuknya). (mengasosiasi dan mengumpulkan informasi)
5.        Siswa berdiskusi menemukan makna dari gabungan dua kosakata. (mengasosiasi dan mengumpulkan informasi)
6.        Siswa mengomunikasikan temuannya di depan kelas. (mengomunikasikan)
7.        Siswa bersama guru membahas hasil diskusi. (mengasosiasi dan mengumpulkan informasi)
8.        Siswa membuat percakapan yang berhubungan dengan ungkapan yang telah ditemukan. (mengasosiasi dan mengumpulkan informasi)
9.        Siswa menampilkan percakapan di depan kelas. (mengomunikasikan)
10.    Siswa mengerjakan LKPD 1 tentang ungkapan. (mengasosiasi)
11.    Siswa mengamati cerita dari guru yang berhubungan dengan bilangan cacah tiga angka. (mengasosiasi)
12.    Siswa menguraikan bilangan cacah tiga angka dalam bentuk penjumlahan tiga bilangan. (mengasosiasi)
13.    Siswa bersama guru membahas hasil penguraian bilangan cacah tiga angka dalam bentuk penjumlahan tiga bilangan. (mengasosiasi dan mengumpulkan informasi)
14.    Siswa menyusun penjumlahan bilangan 3 angka tersebut menggunakan benda konkret (menyusun kumpulan objek berdasarkan nilai tempat). (mengasosiasi)
15.    Siswa menuliskan nama bilangan berdasarkan susunan penjumlahan bilangan 3 angka. (mengasosiasi)
16.    Siswa mengomunikasikan hasil kerjanya. (mengomunikasikan)
17.    Siswa bersama guru bertanya jawab tentang temuannya. (mengasosiasi dan mengumpulkan informasi)
18.    Siswa mengerjakan soal dari guru tentang kumpulan objek yang disusun berdasarkan nilai tempat (LKPD 2 menuliskan lambang bilangan dan nama bilangan). (mengasosiasi)
19.    Siswa mengamati video lagu “Peramah dan Sopan”. (mengamati)
20.    Siswa bersama guru menyanyikan lagu “Peramah dan Sopan”. (mengomunikasikan)
21.    Siswa mengamati teks lagu “Peramah dan Sopan”. (mengamati)
22.    Siswa menandai suku kata dalam syair lagu yang dinyanyikan dengan bunyi panjang dan pendek (LKPD 3 tentang bunyi panjang pendek pada lagu; bunyi panjang ditandai dengan garis, bunyi pendek ditandai dengan titik). (mengasosiasi)
23.    Siswa bersama guru menutup pelajaran dengan simpulan, evaluasi serta refleksi. (mengasosiasi dan mengumpulkan informasi)




1 hari (5x35 menit)
1. Irene Maria Juli Astuti, dkk. 2017. Buku Guru SD/MI Kelas II Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 1 Hidup Rukun.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2. Irene Maria Juli Astuti, dkk. 2017. Buku Siswa SD/MI Kelas II Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 1 Hidup Rukun.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

3. AG Suryaputra. Peramah dan Sopan. https://www.youtube.com/watch?v=jLP9w6Ni7k4. Diakses 21 Maret 2018.

3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
3.1.1 Menemukan ungkapan yang terdapat dalam teks cerita kehidupan sehari-hari di rumah
Ungkapan (buah tangan, buah hati)
Tes
Tertulis
Isian Singkat
3.1.2 Menentukan makna ungkapan yang terdapat dalam teks cerita kehidupan sehari-hari di rumah
Tes
Tertulis
Isian Singkat
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
4.1.1 Membuat percakapan yang berisi ungkapan tentang kehidupan sehari-hari di rumah
Non Tes
Unjuk Kerja
Rubrik
4.1.2 Melakukan percakapan yang berisi ungkapan tentang kehidupan sehari-hari di rumah


Non Tes
Unjuk Kerja
Rubrik
Matematika






3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya
3.1.1 Menentukan lambang bilangan cacah  sesuai kumpulan objek yang disusun berdasarkan nilai tempat
Lambang dan nama bilangan cacah tiga angka (bilangan cacah 100-999)
Tes
Tertulis
Isian Singkat
3.1.2 Menentukan nama bilangan cacah sesuai kumpulan objek yang disusun berdasarkan nilai tempat
Tes
Tertulis
Isian Singkat
4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret
4.1.1 Menyajikan susunan kumpulan objek berdasarkan nilai tempat sesuai dengan nama bilangan cacah
Non Tes
Unjuk Kerja
Rubrik
SBdP





3.2 Mengenal pola  irama sederhana melalui lagu  anak-anak
3.2.1 Membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak-anak
Panjang pendek bunyi pada lagu anak
Tes
Tertulis
Isian Singkat
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
4.2.1 Menyanyikan lagu sesuai dengan panjang pendek bunyi pada lagu anak-anak
Non Tes
Unjuk Kerja
Rubrik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar