Satuan Pendidikan :
SDN
Kelas/ Semester : 2/ 1 (Satu)
Tema/ SubTema : 1. Hidup Rukun / 1. Hidup
Rukun di Rumah
Pembelajaran : 1 (B. Indonesia,
Matematika, SBdP)
Alokasi Waktu :
1 hari (5x35 menit)
Kompetensi Inti :
- Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
Mupel/
Kompetensi Dasar
|
Nilai Karakter
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber belajar
|
||
|
Teknik
|
Jenis
|
Bentuk
|
|||||||
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
||
|
Bahasa Indonesia
|
1. Rukun
2. Kerja
sama
3. Ramah
4. Sopan
|
|
|
1.
Siswa
bersama guru bertanya jawab tentang kerukunan di keluarga (bagaimana sikap
yang ditunjukkan kepada sesama anggota keluarga). (menanya)
2.
Siswa
bersama guru bertanya jawab apakah pernah kedua orang tua kalian membawa oleh
oleh. (menanya)
3.
Siswa
mengamati teks cerita tentang keluarga (di dalam teks cerita ada ungkapan). (mengamati)
4.
Siswa
berdiskusi menemukan gabungan dua kosakata yang belum dipahami (dua kosakata
yang memiliki arti beda dengan kosakata pembentuknya). (mengasosiasi dan
mengumpulkan informasi)
5.
Siswa
berdiskusi menemukan makna dari gabungan dua kosakata. (mengasosiasi dan
mengumpulkan informasi)
6.
Siswa
mengomunikasikan temuannya di depan kelas. (mengomunikasikan)
7.
Siswa
bersama guru membahas hasil diskusi. (mengasosiasi dan mengumpulkan informasi)
8.
Siswa
membuat percakapan yang berhubungan dengan ungkapan yang telah ditemukan. (mengasosiasi
dan mengumpulkan informasi)
9.
Siswa
menampilkan percakapan di depan kelas. (mengomunikasikan)
10. Siswa mengerjakan LKPD 1 tentang ungkapan. (mengasosiasi)
11. Siswa mengamati cerita dari guru yang
berhubungan dengan bilangan cacah tiga angka. (mengasosiasi)
12. Siswa menguraikan bilangan cacah tiga angka
dalam bentuk penjumlahan tiga bilangan. (mengasosiasi)
13. Siswa bersama guru membahas hasil penguraian
bilangan cacah tiga angka dalam bentuk penjumlahan tiga bilangan. (mengasosiasi
dan mengumpulkan informasi)
14. Siswa menyusun penjumlahan bilangan 3 angka
tersebut menggunakan benda konkret (menyusun kumpulan objek berdasarkan nilai
tempat). (mengasosiasi)
15. Siswa menuliskan nama bilangan berdasarkan
susunan penjumlahan bilangan 3 angka. (mengasosiasi)
16. Siswa mengomunikasikan hasil kerjanya. (mengomunikasikan)
17. Siswa bersama guru bertanya jawab tentang
temuannya. (mengasosiasi dan mengumpulkan informasi)
18. Siswa mengerjakan soal dari guru tentang
kumpulan objek yang disusun berdasarkan nilai tempat (LKPD 2 menuliskan
lambang bilangan dan nama bilangan). (mengasosiasi)
19. Siswa mengamati video lagu “Peramah dan
Sopan”. (mengamati)
20. Siswa bersama guru menyanyikan lagu “Peramah
dan Sopan”. (mengomunikasikan)
21. Siswa mengamati teks lagu “Peramah dan
Sopan”. (mengamati)
22. Siswa menandai suku kata dalam syair lagu
yang dinyanyikan dengan bunyi panjang dan pendek (LKPD 3 tentang bunyi
panjang pendek pada lagu; bunyi panjang ditandai dengan garis, bunyi pendek
ditandai dengan titik). (mengasosiasi)
23. Siswa bersama guru menutup pelajaran dengan
simpulan, evaluasi serta refleksi. (mengasosiasi dan mengumpulkan
informasi)
|
|
|
|
1 hari (5x35 menit)
|
1.
Irene Maria Juli Astuti, dkk.
2017. Buku Guru SD/MI Kelas II Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 1 Hidup
Rukun.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
2.
Irene Maria Juli Astuti, dkk.
2017. Buku Siswa SD/MI Kelas II Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 1
Hidup Rukun.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
3. AG Suryaputra. Peramah dan Sopan. https://www.youtube.com/watch?v=jLP9w6Ni7k4. Diakses 21 Maret 2018.
|
|
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang
terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
|
3.1.1 Menemukan ungkapan yang terdapat dalam teks cerita
kehidupan sehari-hari di rumah
|
Ungkapan (buah tangan, buah hati)
|
Tes
|
Tertulis
|
Isian Singkat
|
||||
|
3.1.2 Menentukan makna ungkapan yang terdapat dalam teks
cerita kehidupan sehari-hari di rumah
|
Tes
|
Tertulis
|
Isian Singkat
|
||||||
|
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
|
4.1.1 Membuat percakapan yang berisi ungkapan tentang
kehidupan sehari-hari di rumah
|
Non Tes
|
Unjuk Kerja
|
Rubrik
|
|||||
|
4.1.2 Melakukan percakapan yang berisi ungkapan tentang
kehidupan sehari-hari di rumah
|
|
Non Tes
|
Unjuk Kerja
|
Rubrik
|
|||||
|
Matematika
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan
lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta
cara membacanya
|
3.1.1 Menentukan lambang bilangan cacah sesuai kumpulan objek yang disusun
berdasarkan nilai tempat
|
Lambang dan nama bilangan cacah tiga angka (bilangan
cacah 100-999)
|
Tes
|
Tertulis
|
Isian Singkat
|
||||
|
3.1.2 Menentukan nama bilangan cacah sesuai kumpulan objek
yang disusun berdasarkan nilai tempat
|
Tes
|
Tertulis
|
Isian Singkat
|
||||||
|
4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan
lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret
|
4.1.1 Menyajikan
susunan kumpulan objek berdasarkan nilai tempat sesuai dengan nama bilangan
cacah
|
Non Tes
|
Unjuk Kerja
|
Rubrik
|
|||||
|
SBdP
|
|
|
|
|
|
||||
|
3.2 Mengenal pola
irama sederhana melalui lagu
anak-anak
|
3.2.1 Membedakan panjang pendek bunyi pada lagu
anak-anak
|
Panjang pendek bunyi pada lagu anak
|
Tes
|
Tertulis
|
Isian Singkat
|
||||
|
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak
|
4.2.1 Menyanyikan lagu sesuai dengan panjang pendek
bunyi pada lagu anak-anak
|
Non Tes
|
Unjuk Kerja
|
Rubrik
|
|||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar